Tips Cara Menyimpan Makanan, Ikan, Daging, Sayuran Pada Kulkas atau Lemari Es

Tips Cara Menyimpan Makanan, Ikan, Daging, Sayuran Pada Kulkas : Pada saat ini ibu rumah tangga tidak dapat tiap hari pergi ke pasar membeli makanan yang segar. Jika ibu rumah tangga pergi ke pasar, mereka membeli bahan makanan untuk keperluan beberapa hari, maka bahan makanan tersebut harus disimpan didalam lemari es atau freezer, agar tidak rusak dan membusuk.

Untuk menyimpan makanan didalam lemari es ada tiga syarat yang penting yaitu :

Baca Juga : Sejarah Terciptanya Kulkas

  1. Mutu - hanya bahan makanan dengan mutu yang baik dan masih segar dapat disimpan dalam lemari es, agar tidak terjadi perubahan : warna, rasa, bentuk dan gizinya.
  2. Kecepatan - makin cepat bahan makanan menjadi dingin dan makin cepat makanan dimasukkan kedalam lemari es, akan diperoleh hasil yang lebih baik. Pada pembekuan yang cepat, zat cair dalam bahan makanan akan membeku menjadi kristal-kristal yang halus. Sebaliknya jika terjadinya pembekuan lambat akan terbentuk kristal yang kasar yang dapat merusak makanan.
  3. Membungkus yang Tepat - semua makanan yang akan dimasukkan dalam lemari es harus dibungkus dengan pembungkus yang sesuai dan diletakkan  pada tempat yang tepat, agar makanan tersebut tidak menyebabkan bau tidak sedap di dalam lemari es, tidak tercecer dan tidak tumpah. Juga agar permukaan makanan tidak menjadi kering karena terjadi penguapan.

Cara Menyimpan Daging yang Benar Pada Lemari Es

Daging yang akan disimpan harus dipilih yang masih baru dan segar. Pada lemari es yang mempunyai tempat  daging (meat tray), daging dapat disimpan sampai tujuh hari lamanya. Suhu didalam tempat Daging -10 derajat Celciuss, sedikit diatas titik beku dari daging yaitu - 20 derajat celciuss.

Untuk menyimpan daging yang berlainan jenisnya, masing-masing daging harus dibungkus dengan kertas lilin atau plastik. Agar warna dan rasa daging tidak berubah dan tidak memindahkan bau dari daging yang satu kepada daging yang lain.

Tips Cara Menimpan Makanan, Ikan, Daging, Sayuran Pada Kulkas


Pada lemari es yang tidak mempunyai tempat penyimpanan daging yang khusus, daging hanya dapat disimpan selama tiga hari saja. Daging harus dibungkus dengan kertas lilin yang tipis atau plastik dan diletakkan diatas rak lemari es. 

Daging segar hanya dapat dibekukan sekali saja dan setelah dimasak dapat dibekukan sekali lagi. Janganlah membekukan kembali sisa daging yang suhunya sudah diatas 25 derajat celcius.



Tips Menyimpan Makanan yang telah dimasak pada Kulkas/ Lemari Es

Kita tidak perlu menunggu makanan yang telah dimasak sampai menjadi dingin sebelum dimasukkan ke dalam lemari es. Setelah makanan selesai dimasak, dalam jumlah yang tidak terlalu banyak dapat segera dimasukkan  kedalam lemari es pada tempat yang sesuai. Jika makanan tersebut tidak akan habis dimakan dalam beberapa hari, sebaiknya makanan tersebut dibungkus dan dibekukan.

Tips Menyimpan Ikan Pada Kulkas

Ikan adalah barang yang cepat menjadi busuk karena kuman. Ikan dapat disimpan dalam keadaan utuh atau setelah dibersihkan isi perutnya. Ikan harus dibungkus dengan kertas lilin yang tipis atau plastik, agar tidak menimbulkan bau ikan di dalam lemari es. Ikan dapat diletakkan didalam tempat daging atau di atas rak lemari es. Jika hendak disimpan untuk waktu yang lama, ikan harus dibekukan di dalam freezer pada suhu -15 derajat celcius.

Ikan beku yang telah dikeluarkan dari lemari es atau freezer, setelah dicuci dengan arir untuk dimasak, sisanya jangan dibekukan kembali. Membekukakn sisa ikan seperti ini dapat menyebabkan pembusukan dan keracunan.

Tips Menyimpan Susu Pada Kulkas

Susu yang disimpan harus susu yang murni, bersih dan segar. Kita harus membeli susu dari penjual yang bonafide. Setelah kita membeli susu murni harus segera dipanaskan sampai 65 derajat celcius selama kurang lebih 25 menit, untuk membunuh kuman-kuman du dalam susu, kemudian secepatnya didinginkan sampai 4-10 derajat celcius, agar tidak ada kesempatan bagi kuman-kuman untuk berkembang biak didalamnya.

Tips Menyimpan Es Krim Pada Kulkas

Es krim yang baik mutunya mengandung banyak cream dan lunak, harus disimpan pada suhu -20 derajat celcius. Es krim jika disimpan pada suhu yang rendah sekali, akan menjadi keras dan sukar diambil dengan sendok. Sebaliknya apabila disimpan pada suhu yang lebih tinggi, akan terjadi kristal yang kasar. Es krim yang kurang baik mutunya, sedikit creamnya dan kasar. Membuat es krim harus pada suhu yang rendah yaitu -29 derajat celcius dan terus menerus. Diaduk agar kristalnya halus dan lunak.

Tips Menyimpan Keju Pada Kulkas

Tips Menyimpan Keju Pada Kulkas


Keju dapat disimpan pada tempat keju (cheese compartment) atau pada salah satu rak dari lemari es pada suhu 16 derajat celcius. Untuk mendapatkan hasil yang baik, keju harus dibungkus yang rapat dengan kertas aluminium, plastik dan sebagainya. Yang masih dalam kaleng dapat disimpan dengan kalengnya.

Tips Menyimpan Makanan Kaleng atau Minuman Botol pada Kulkas

Makanan dan mijnuman dalam botol dan kaleng jangan disimpan didalam freezer pada suhu dibawah 0 derajat celcius. Cairan didalamnya akan membeku dan volumenya mengembang. Pertambahan volume ini dapat memecahkan botol dan merusak kaleng.

Tips Menyimpan Margarine dan Mentega Pada Kulkas

Margarine berasal dari tumbuh-tumbuhan sedangkan mentega berasal dari hewan. Margarine dan mentega dalam kaleng yang besar, setelah dibuka kalengnya harus dibungkus dahulu baru disimpan pada salah satu rak lemari es pada suhu 16 derajat celcius.

Untuk dipakai setiap hari pada jumlah yang sedikit, sebagian dari margarine atau mentega dapat disimpan pada tempat mentega.


Tips Menyimpan Sayuran Pada Kulkas


Sayuran yang akan disimpan pada lemari es harus dipilih yang masih baru dan segar. Sebelum disimpan sayur mayur harus dicuci dengan air dingin sampai bersih, untuk menghilangkan pasir debu dan lain-lain kotoran. Sayur mayur harus disimpan diatas titik bekunya dalam bak sayur pada suhu 4-7 derajat celcius. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, harus diusahakan agar selalu ada sedikit air yang tertinggal pada permukaan sayuran.

Sayur yang sudah layu jika jika disimpan dalam lemari es, tidak dapat menjadi segar kembali, tetapi bahkan akan menjadi makin layu dan kering.


Source : Handoko K., Lemari Es









Home Contact Us Privacy Policy Disclaimer Sitemap