Order Via WA

Sejarah Terciptanya Kulkas | Sebab Terciptanya Kulkas | Asal Mula Terciptanya Kulkas

Sejarah Terciptaanya Kulkas | Sebab Terciptanya Kulkas : Dahulu manusia mencari makan dari hasil berburu binatang. Setelah mereka makan secukupnya, sisanya lalu mereka tinggalkan begitu saja, sehungga pada keesokan harinya sisa makanan tersebut menjadi busuk.

Sejarah Terciptaanya Kulkas | Sebab Terciptanya Kulkas


Kemudian setelah berburu menjadi sukar, mereka lalu mengusahakan agar sisa makanan tersebut dapat disimpan untuk dimakan pada keesokan harinya. Mereka menyimpan makanan tersebut pada suatu tempat yang dingin. Mereka menggali suatu lubang yang tidak dapat ditembus oleh sinar matahari atau di dalam gua. Disitu mereka mendapatkan suatu ruangan yang suhunya lebih dingin daripada suhu udara diluar. Usaha mereka masih sangat sederhana, maka hanya memperoleh perbedaan suhu yang sangat kecil. Makanan hanya bisa disimpan dalam waktu yang singkat saja.

Baca Juga : Penyedia Layanan Jasa Service AC di Daerah Jakarta Pusat

Manusia terus berusaha untuk dapat menyimpan makanan lebih lama dan tidak terjadi perubahan pada rasa, warna, aroma atau bau harumnya. Lambat laun manusia mengetahui bahwa mendinginkan makanan, selain membuat makanan lebih enak rasanya. Misalnya buah dan minuman yang didinginkan rasanya menjadi lebih enak.

Sudah sejak 1000 tahun sebelum Masehi, berbagai bangsa di beberapa negara terlah berusaha untuk mendinginkan ruangan atau makanan. Orang Mesir menguapkan air di atas rumah, sehingga suhu di dalam rumah menjadi dingin. Orang India mengipasi air agar lebih cepat menguap. Udara disekitarnya akan menjadi dingin karena air yang menguap mengambil panas dari sekitarnya. Bangsa Yunani mengambil salju dari puncak gunung untuk mendinginkan makanan, minuman dan ruangan,

Baca Juga Penyedia Layanan Jasa Service AC di Daerah Jakarta Pusat

Pada tahun 1850 mulai dipakai mesin pendingin memakai kompresor dengan bahan pendingin udara. Karena kapasitas mendinginkan dari udara rendah, kemudian dipakai lain macam bahan pendingin yaitu amonia. Keburukan amonia yaitu beracun, maka penggunaannya untuk lemari es masih sangat terbatas. Manusia masih mencari lain macam bahan pendingin yang lebih aman dan sempurna.
Sekarang hampir semua lemari es memakai kompresor dengan bahan pendingin Freon

Sejarah Terciptaanya Kulkas | Sebab Terciptanya Kulkas
Amonia

Dahulu lemari es dianggap suatu barang mewah, karena harganya mahal juga penggunaan listriknya sangat besar, maka hanya dapat dimiliki oleh orang yang mampu saja. Sekarang dengan adanya kemajuan teknologi lemari es telah dapat direncanakan sedemikian rupa, sehingga bekerjanya aman, tidak memerlukan perawatan yang khusus, sedikit memakai listrik dan harganya relatif murah, maka sudah dapat dimiliki oleh kebanyakan orang. Pada saat ini memiliki lemari es tidak lagi dianggap sebagai suatu kemewahan, tetapi telah dianggap sebagai suatu keharusan oleh masyarakat.

Source : Lemari Es, Handoko K.

Subscribe to receive free email updates: