Order Via WA

Macam - Macam Motor Listrik | Beberapa Macam Motor Listrik pada Alat Rumah Tangga

Macam - Macam Motor Listrik : Jenis motor listrik yang akan kita bahas disini yaitu motor listrik yang banyak dipakai untuk alat-alat rumah tangga. Terutma untuk kompresor hermetik dan fan motor dari lemari es. Semuanya motor listrik satu phase, 110 dan 220 volt, 50 dan 60 Hertz.

Motor listrik satu fase untuk kompresor hermetik harus mempunyai daya gerak putar mula (starting torque) yang kuat dan efisiensi kerja yang baik. Kompresor hermetik mempunyai motor listrik dan kompresor yang berada di dalam rumah yang tertutup rapat. Motor listrik mempunyai rotor yang menjadi satu dengan poros kompresor, maka jumlah putaran motor dan kompresor sama.

Baca Juga : Tips Cara menyimpan makanan pada kulkas

Beberapa Macam motor listrik satu phase :

1. Universal motor (Motor umum)
2. Induction motor (Motor induksi)
3. Split - phase motor (Motor split phase)
4. Capacitor motor (Motor kapasitor)
5. Shaded pole motor

Universal Motor

Motor ini terdiri dari dua kumparan atau lilitan kawat tembaga yang berisolasi, yaitu kumparan stator (field winding) dan kumparan rotor (armature winding).

Macam - Macam Motor Listrik | Beberapa Macam Motor Listrik pada Alat Rumah Tangga


Rotor juga disebut anker atau sauh, terdiri dari plat-plat logam tipis yang disusun dan diberi isolasi sehingga berbentuk silinder. Pada silinder tersebut ada bagian-bagian logam yang beralur dan ada bagian yang menonjol keluar. Pada bagian yang menonjol keluar ini dililitkan kawat tembaga yang berisolasi, sehingga terbentuklah kumparan-kumparan. Pada salah satu ujung dari silinder ada komutator yang terdiri dari potongan-potongan tembaga yang diberi isolasi. Rotor, komutator dan poros merupakan satu kesatuan. Rotor ini biasanya dilengkapi dengan daun kipas yang dipasang pada poros, sehingga turut berputar. Aliran udara dari daun kipas tersebut dapat mendinginkan motor, agar tidak terlalu panas.

Stator terdiri dari plat-plat besi tipis yang disusun rapi dan mempunyai dua buah kumparan, masing-masin dililit dengan kawat tembaga yang berisolasi. Kumpulan stator ini dihubungkan dengan komutator oleh dua buah arang (brush). Kedua arang ini ditekan oleh pegas, sehingga selalu menekan komutator, maka arus listrik dari kumparan stator dapat diteruskan ke rotor melalui arang dan komutator.

Motor ini dapat dipakai dengan arus listrik searah (DC) atau arus listrik bolak-balik (AC). Pada umumnya dipakai untuk daya yang kecil dari 1/20-1/6 DK. Motornya ringan, startnya kuat, maka banyak dipakai untuk : mesin bor, mixer, motor mesin jahit dan lain-lain.

Baca Juga !!! Layanan Jasa Service AC di Jakarta Pusat, Induction Motor,


Source : Lemari Es, Handoko K.

Subscribe to receive free email updates: