Order Via WA

Cara Mengetahui Kebocoran AC | Cara Mendeteksi Kebocoran Freon Pada AC Rumah

Kebocoran pipa pada AC, kebocoran evaporator ini menyebabkan gas freon akan terbuang dan akan berdampak pada AC menjadi tidak dingin. Cara paling mudah dan gampang untuk mengetahui titik kebocoran pada AC umumnya mempunyai tanda dengan adanya bekas oli pada bagian titik yang bocor. Pada umumnya bagian yang paling sering bocor adalah pada sambungan antara indoor dan outdoor (double neple) jika kurang kencang menyambungnya bagian ini rawan sekali terjadi kebocoran. cara memperbaikinya dengan mengencangkan nya kembali dan bila perlu di flaring ulang karena bisa saja flaring pipa nya sudah retak/pecah. Tapi tidak menutup kemungkinan pula kebocoran freon terjadi pada bagian lainnya selain di sambungan antara indoor dan outdoor seperti di bagian evaporator, dibagian pipa yang justru bukan pada sambungan, bisa terjadi juga pada bagian kondensor, bisa terjadi juga pada bagian keran dan bisa juga pada bagian sambungan kompresor.

Lalu bagaimana jika kebocoran terjadi pada evaporator indoor atau outdoor?? Indoor AC sering bocor pada bagian "U band" yaitu lekukan pipa yang menghubungkan pipa pipa pada evaporator, pada beberapa produk ac terkini bagian U band tsb sudah di lapisi dengan cat anti karat. 


Cara Mengetahui Kebocoran AC | Cara Mendeteksi Kebocoran Freon Pada AC Rumah
Evaporator Indoor AC 


Dan cara memperbaiki/mengetahui titik kebocoran pada U band ini solusinya bisa dilakukan seperti dibawah ini:

  • Lepaskan penutup/ cover AC, kemudian angkat evaporator AC dengan hati-hati
  • Siapkan wadah besar untuk bisa merendam seluruh bagian evaporator
  • Pasang naple buntuk pada bagian pipa besarnya
  • Pasang selang analyzer dan isikan freon melewati pipa kecil
  • Rendam evaporator dengan menggunakan wadah besar agar evaporator bisa terendam semuanya
  • Perhatikan gelembung-gelembung udara yang keluar dari bagian evaporator
  • Silahkan tambal dengan perak dan borak dimana titik kebocoran terjadi
Cara Mengetahui Kebocoran AC | Cara Mendeteksi Kebocoran Freon Pada AC Rumah
U Bend

Setelah kebocoran ditambal dengan perak, jangan langsung dipasang kembali. Harus dilakukan pengecekan kebocoran kembali, khawatirnya pengelasan belum dilakukan dengan sempurna dan masih terjadi kebocoran. Cara mengeceknya yaitu dengan cara isi freon pada evaporator, kemudian cek pada jarum analyzer. Jika pada jarum tidak terjadi penurunan bisa disimpulkan bahwa evaporator sudah tidak bocor lagi dan layak untuk dipasang, jika jarum pada analyzer menunjukkan penurunan, berarti evaporator masih terjadi bocor, dan tentunya perlu dilakukan pengelesan kembali secara lebih sempurna. 


Beberapa hal yang harus dicek apa bila AC mengalami masalah :

Subscribe to receive free email updates: